Selasa, 31 Maret 2015

Komputasi Modern pada Website PT Eka Bogainti (Hoka-hoka Bento Indonesia)

A. Sejarah Komputasi Modern

Komputasi artinya perhitungan dengan mengunakan komputer dan modern artinya mengikuti perkembangan zaman. Asal mula lahirnya komputasi adalah bermula dari kegiatan menghitung angka-angka aritmatika yang telah dilakukan oleh manusia sejak berabad-abad silam. Seiring dengan perkembangan zaman, perhitungan semakin kompleks sedangkan otak manusia memiliki kemampuan yang terbatas. Oleh karena itu terciptalah sebuah komputasi yang disebut dengan komputasi modern dengan alat perhitungan yang canggih seperti komputer.

Komputasi modern digagas oleh John Von Neumann (1903 - 1957). Dialah orang yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputasi modern.




Komputasi modern melakukan perhitungan dengan menggunakan komputer canggih dimana pada komputer tersebut terdapat sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.

B. Karakteristik Komputasi Modern

Komputasi modern mempunyai karakteristik yang terdiri dari 3 macam, yaitu :
1. Komputer bersifat heterogen, terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan yang tidak terdedikasi, artinya bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

C. Jenis-Jenis Komputasi Modern
Terdapat 3 jenis komputasi modern, yaitu :
1. Mobile Computing
Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan teknologi komputer untuk berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel sehingga mudah dibawa dan berpindah tempat.
Contoh : GPS dan smart phone

2. Grid Computing
Grid Computing atau komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud Computing
Cloud Computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

D. Penerapan Komputasi Modern
Penerapan komputasi modern terdapat diberbagai bidang seperti :
1. Bidang Kesehatan
Contoh : USG, CT Scan, MRI Scan

2. Bidang Keamanan
Contoh : Navigasi kapal laut dan kapal selam, simulasi perang dan pengiriman sandi militer

3. Bidang Pemerintahan
Contoh : e-Government

4. Bidang Perbankan
Contoh : e-Banking

5. Bidang Pertanian
Contoh : e-Agriculture

6. Bidang Sains

Contoh : Bioinformatika

Website Hoka-hoka Bento Indonesia dengan alamat web www.hokben.co.id adalah salah satu website yang menggunakan teknologi komputasi modern, yaitu komputasi modern yang berjenis grid computing yang mana teknologi komputasi tersebut terdapat perhitungan yang biasa dilakukan oleh manusia yang diimplementasikan diwebsite. Perhitungan yang dimaksud adalah perhitungan jumlah item dan biaya total pada keranjang belanja online. Berikut adalah tampilan dari www.hokben.co.id.


tampilan awal website


tampilan halaman menu


tampilan halaman outlet hokben


tampilan halaman tentang kami


tampilan halaman promo


tampilan halaman hoka party


tampilan halaman kontak kami


tampilan halaman karir


tampilan halaman konfirmasi pesanan


tampilan halaman member

Pada tampilan konfirmasi pemesanan, disitulah menurut saya letak dari komputasi modern dari website ini, yang mana kita dapat menghitung total belanjaan kita yang akan kita pesan nantinya.

Kesimpulan :

Website ini digunakan pemilik untuk mempromosikan produknya adalah dengan membuat sebuah website. Dimana website tersebut harus dapat menarik pengunjung yang melihat website tersebut. Pada website www.hokben.co.id pemilik memberikan halaman untuk melihat menu makanan yang tersedia di restoran tersebut. Tidak hanya halaman daftar menu, pemilik juga menambah sebuah peta yang berfungsi untuk mencari lokasi restoran HokBen yang terdekat oleh pelanggan. Pada website www.hokben.co.id juga diberikan halaman untuk pesan antar makanan yang akan di beli, serta halaman promo yang dapat di pilih oleh setiap pelanggan.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar