1)
Sejarah Facebook
Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya
dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo
Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web
ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke
perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan
Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook
dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan
situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari
2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di
daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum
Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan
Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social
Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat
memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di
sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan
Kanada pada Mei 2011.
2)
Fitur-fitur yang umum pada facebook
Facebook memiliki berbagai fitur-fitur yang ditujukan untuk
pengguna dengan maksud agar pengguna tidak merasa bosan pada saat menggunakan
Facebook. Para pengguna Facebook dapat dimanjakan dengan adanya fitur-fitur
ini. Beragam fitur yang ada dalam Facebook antara lain:
facebook
feature:
-
Update Status/ Status terkini
-->
untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda;
mengungkapkan keinginan Anda.
-
Message/ Pesan
-->
untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
-
Chat/ Obrolan
-->
untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara
langsung dan real time.
-
Photos/ Foto
-->
Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
-
Videos/ Video
-->
Anda dapat meng-upload video Anda.
-
Friends/ Teman
-->
Anda dapat menambah teman Anda.
-
Applications/ Aplikasi
-->
banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
- Games/
Permainan
-->
banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
-
Notes/ Catatan
-->
Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook
lainnya.
-
Wall/Dinding
-->
Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
-
Poke/ Colek
-->
Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
-
Gifts/ Hadiah
-->
Fitur untuk saling berkirim hadiah
3)
Fitur-fitur baru yang ada di facebook
Adapun beberapa fitur baru yang akan saya sertakan pada postingan
saya kaali ini yaitu :
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
Menu ini memungkin pengguna facebook untuk mengedit kembali komentar yang telah ditulis sekaligus menghapusnya jika itu diperlukan.
Icon-icon ini dulunya kalau kita sementara ngobrol dengan teman-teman di facebook, untuk memasukannya masih secara manual tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya fitur yang satu ini. Jadi nda perlu repot-repot lagi mikirin kode emoticonnya untuk mengekspresikan apa yang akan kita sampaikan pada teman-teman.
C) Menu Pageview Pada Fanpage
Teman-teman yang sudah membuat fanpage facebook untuk blognya ataupun untuk pribadinya, akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya.
Menu ini memungkinkan bagi pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online atau apalah namanya yang dianggap penting. Tapi sayang pertama kali saya lihat menu ini, saya kira gratis untuk menggunakannya padahal harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya. Jika sobat mau beriklan di facebook, kayaknya bisa juga pake fasilitas yang satu ini.
Sebetulnya masih banyak fitur-fitur baru lain yang ada pada facebook seperti adanya pilihan upload file di grup, tampilan halaman pesan, pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja", ngobrol dengan teman-teman di facebook dalam satu chatroom saja, pengelolah iklan, menu pusat aplikasi dan kabar permainan, facebook messenger dan kawan-kawannya yang lain. Silakan sobat perhatikan sendiri pada akun facebooknya masing-masing atau pada facebook secara keseluruhan. Jika ada fitur baru yang belum sempat saya singgung pada artikel ini, silakan konfirmasi pada saya atau silakan bahas juga pada blognya masing-masing.
Sumber :
mksih ya ats ilmux tentang facebook
BalasHapusSip
BalasHapuskesehatan bayi
BalasHapusRaja Salman
berita viral
berita terkini
ayam bangkok