Sabtu, 13 Oktober 2012

KONSEP DASAR NEW MEDIA


NEW MEDIA (MEDIA BARU)
  •           Definisi media

                 Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.

                  Manfaat media adalah: memudahkan sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung dari tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

  •                  Definisi baru (new)

                 Baru adalah sesuatu yang dapat menciptakan sesuatu inovasi, ataupun perubahan yang dapat melahirkan sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia.

             Jadi New Media, mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi komunikasi dimedia masa mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum 1980-an media diandalkan terutama pada media cetak dan analog seperti koran, bioskop televisi, dan radio.Sekarang kita punya radio televisi, digital dan bioskop, sementara bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital yang baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing. Beberapa teknologi kita bisa

  •             Pendapat Pribadi

          Menurut pendapat saya, media baru (new media) sangatlah penting untuk perkembangan teknologi saat ini. Seperti contoh untuk mengakses informasi, manusia menggunakan fasilitas internet untuk mengakses informasi tersebut. Tidak hanya itu, elektronik yang manusia pakai sangatlah canggih. Disamping manfaatnya, new medianya juga memiliki dampak negative. Sebagai contoh: manusia menggunakan new media untuk digunakan padahal yang jahat-jahat.


  • Contoh-contoh new media:
  1. Internet (facebook, twitter, youtube, dll)
  2. Televisi digital
  3. Digital Cinema
  4. Komputer (PC)
  5. DVD
  6. CD
  7. MP3 Player
  8. Telepon selluler 
  9. Video game (geme online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar