KONSEP DESAIN NEW MEDIA
new media merupakan istilah yang luas yang
muncul di bagian akhir abad ke-20 untuk mencakup penggabungan dari media
tradisional seperti film, gambar, musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan
kekuatan interaktif teknologi komputer dan komunikasi, komputer konsumen
diaktifkan perangkat dan yang paling penting Internet. new media mengulurkan
kemungkinan akses on-demand untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap
perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif
dan pembentukan masyarakat sekitar isi media. Contoh nya Konsep new media dalam
bidang Desain Grafis.
Pengertian Desain Grafis
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu
Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur
segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik
atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain
Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto
dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa
menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu
yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Kemudian merujuk dari Wikipedia bahasa
Indonesia, ensiklopedia bebas, Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi
visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis
diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,
desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni
desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis
Sejarah awal : Pelacakan perjalanan sejarah
desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk
lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf)
atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih
bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora,
fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi
gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan
gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan
gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan
gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang
ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.
Era Cetak : Desain grafis berkembang pesat
seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan
dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan
pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak
“Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line
Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah
mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku.
Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu
cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas
Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder
(1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak
Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi
menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara
air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan
media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara
lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan
dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan
seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The
Poster”.
Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi
(1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari
Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet”
(1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de
Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Desain grafis mengalami perkembangan pesat
setelah ditemukannya tulisan dan mesin cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad
pertama telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan
diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang
dibawa dari Yunani.
Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer
juga merupakan dua hal yang secara signifikan mempercepat perkembangan
penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia
periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Koran, majalah, tabloid,
website yang sehari-hari kita lihat adalah produk desain grafis. Bahkan animasi
Spongebob Squarepants walaupun lebih dikenal dengan sebutan kartun yang sering
kita tonton di televisi merupakan bagian dari produk desain grafis juga.
Proses Pengembangan Aplikasi New Media :
· ---Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita
mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek
pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
· ---Fase analisa, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran
kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat,
future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja
yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb.
· ---Fase perancangan, pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau
rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa
sebelumnya.
· --- Fase pengembangan , tahapan implementasi hasil dari analisa dan
perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah
direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan
pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
· ---Fase installasi, setelah memastikan bahwa semua fungsi telah
berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement
maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk
menjalankan aplikasi ini.
Tahap Pengembangan Aplikasi New Media :
· 1. Konsepsi : Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan
dibuat dibentuk. 2.Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi
yang akan dibuat secara umum.
· 3. Analisa : Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara
pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan
konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
· 4. Simulasi : Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan
terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan
melingkupi :
Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi
1.
Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
2.
Eror-eror yang mungkin terjadi.
3.
Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.
· Algoritma : Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang
dapat menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang
dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
· Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang
dibuat diimplementasikan pada level pemrograman.Di sini dibuat produk
dari konsep yang dibuat sebelumnya.
· Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah
dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan.
Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan
tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap
tersebut.
s
sSumber Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar